Dua Jenis Permainan Kartu Remi Untuk Acara Keluarga

Dengan bermain dua jenis permainan kartu remi yang telah disebutkan di atas, sudah dapat dipastikan bahwa acara keluarga yang Anda hadiri pasti tidak akan canggung dan semakin menarik.
(Source: www.pexels.com)

Acara berkumpul bersama keluarga terkadang sangat membosankan. Terlebih lagi apabila di antara keluarga yang sedang berkumpul tersebut tidak ada saudara yang memiliki umur sepantaran dengan Anda. Rasanya hanya akan membuat Anda ingin tinggal di rumah saja atau pergi bermain bersama teman dibandingkan untuk datang ke acara keluarga tersebut.

Akan tetapi, kumpul keluarga merupakan suatu cara untuk semakin mempererat hubungan antara saudara. Selain itu, acara tersebut juga dapat dijadikan salah satu kesempatan untuk berbicara dengan sanak saudara jauh yang tinggalnya tidak satu kota atau satu pulau dengan Anda. Meski begitu, perasaan canggung pasti akan ada dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Maka dari itu, gunakanlah dua jenis permainan kartu remi ini untuk memecahkan suasana.

Slapjack

Untuk permainan ini, Anda dapat melakukannya bersama 3 atau 9 orang sehingga hasil keseluruhan pemain menjadi 4 hingga 10 orang. Karena ini bukanlah permainan dewasa, maka anak kecil dan remaja juga dapat melakukan permainan ini. Bagi yang tidak familiar, permainan kartu Slapjack memiliki nama lokal yaitu “tepok nyamuk”. Tapi, tepok nyamuk versi Slapjack berbeda dengan versi yang sering dimainkan oleh orang Indonesia. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengambil seluruh kartu.

Cara bermainnya sendiri juga sangatlah mudah. Pertama, ajak semua pemain untuk duduk melingkar di lantai atau di atas meja. Kemudian, bagikan kartu dengan mengikuti arah jam. Namun, pemain tidak boleh membuka kartu tersebut dan mereka harus tetap memegang seluruh kartu dengan cara kartu menghadap ke bawah. Lalu, secara melingkar mengikuti arah jam tersebut, setiap pemain mengambil kartu dari tumpukan kartu milik mereka yang masih menghadap ke bawah. Selanjutnya, taruh kartu yang telah diambil tersebut tepat di tengah-tengah lingkaran pemain dengan cara dihadapkan ke atas.

Pemain terus melakukan langkah tersebut hingga ada kartu Jack yang muncul. Kartu Jack yang menjadi sasaran tersebut harus ditepuk oleh para pemain. Apabila ada banyak orang yang menepuk kartu tersebut, orang yang tangannya langsung menyentuh kartu Jack harus mengambil seluruh tumpukan kartu yang berada di tengah lingkaran tersebut. Apabila seseorang menepuk kartu yang salah, maka mereka harus memberi kartu paling atas yang dia miliki kepada orang yang menaruh kartu yang dia tepuk tersebut. Selanjutnya, orang yang diberi kartu ekstra tersebut menaruh kartu di bawah tumpukan kartu miliknya.

Apabila terdapat pemain yang sudah kehabisan kartu, maka dia langsung keluar dari permainan. Kecuali, dia bisa menepuk kartu Jack yang berada di tengah lingkaran tersebut. Apabila seperti itu, maka dia otomatis akan langsung kembali ke permainan dan kembali bermain dengan tumpukan kartu yang baru didapat. Untuk menentukan pemenang, dia yang memiliki kartu paling banyak adalah pemenangnya.

Crazy Eights

Permainan kartu bernama Crazy Eights ini membutuhkan dua hingga delapan pemain. Sama seperti Slapjack, bermain Crazy Eights juga dapat diikuti oleh anak kecil dan remaja. Objektif dari permainan ini adalah untuk menghabiskan seluruh kartu yang dimiliki oleh pemain.

Pertama, bagikan lima kartu yang menghadap ke bawah dalam satu putaran. Pembagian kartu dimulai dengan pemain yang berada di sebelah kiri orang yang membagikan kartu tersebut. Setelah selesai membagikan kartu, taruhlah seluruh tumpukan kartu yang tersisa menghadap ke bawah di tengah-tengah lingkaran pemain. Setelah itu, buka kartu pertama dan taruh di samping tumpukan kartu tersebut. Apabila kartu yang muncul adalah kartu dengan angka “8”, maka kartu tersebut langsung Anda taruh di tengah-tengah tumpukan kartu. Setelah itu, buka kartu selanjutnya sama seperti kartu pertama. Kartu kedua ini nantinya akan disebut sebagai tumpukan pembuka.

Selanjutnya, dimulai dari pemain di sebelah kiri orang yang membagikan kartu, setiap pemain menaruh salah satu kartu dari tumpukan kartu mereka dengan menghadap ke atas dan ditaruh tepat di atas tumpukan pembuka. Setiap kartu yang dimainkan (selain kartu berangka “8”) harus menyamai kartu paling atas yang berada di tumpukan pembuka tersebut. Apabila kartu yang muncul adalah King sekop, maka kartu yang ditaruh oleh para pemain adalah kartu sekop lain atau kartu King dari bentuk lain. Apabila pemain tidak memiliki dua pilihan tersebut, maka dia harus mencari kartu dari tumpukan kartu di tengah meja hingga dia mendapatkan kartu berbentuk sekop atau kartu King dari bentuk lain.

Apabila tumpukan kartu yang berada di tengah sudah habis, maka pemain yang sedang berada dalam gilirannya harus memberi giliran kepada pemain selanjutnya. Pada saat itu, rapihkan tumpukan pembuka, kocok tumpukan tersebut, kemudian taruh menghadap ke bawah dan jadikan tumpukan pembuka sebagai tumpukan kartu lain. Pemain pertama yang tidak memiliki kartu sama sekali adalah pemenangnya.

Dengan bermain dua jenis permainan kartu remi yang telah disebutkan di atas, sudah dapat dipastikan bahwa acara keluarga yang Anda hadiri pasti tidak akan canggung dan semakin menarik. Pasalnya, memainkan dua jenis permainan kartu remi tersebut juga dapat dilakukan dengan mengadakan taruhan. Misalnya, siapapun yang menang dalam salah satu dari dua jenis permainan kartu remi tersebut akan memenangkan permen, makanan, atau uang untuk jajan. Bagaimana? Menarik, bukan?