Sekilas Kenali Si Kartu Bridge Ini

Permainan Kartu Bridge – adalah permainan gabungan antara permainan Cangkulan dan Truf. Namun, peraturan yang di gunakan pada permainan ini berbeda dari permainan gabungan tadi. Sebenanrnya bisa dikatakan untuk permainan Bridge ini sendiri hampir mirip dengan permainan catur. Dimana kalian harus dituntut untuk fokus serta pintar dalam mengkalkulasikan permainan kartu ini. Selain sebagai unsur perjudian, permainan ini pun bisa di manfaatkan dalam mengasah kampuan otak kalian. Misal saja dalam hal berhitung, menghafal, serta dalam bermain logika.

Bagi kalian yang suka dengan perhitungan atau di bidang matematika, saran kita kalian cocok memainkan kartu ini. seluruh kalangan bisa ko untuk meaminkan permainan ini. bahkan usut punya usut, pak Bambang Hartono yang di notabenkan orang terkaya di Indonesia ini juga memainkan permainan ini. tercatat sudah di tahun 2018 , pak Bambang Hartono menyumbang mendali perunggu di dalam ajang Asian Game untuk permainan ini.

Alat Atau Media Untuk Bermain

Untuk memainkan permainan ini, kalian cukup menyediakan media satu set atau seperangkat kartu remi yang didalamnya tidak terisikan oleh kartu joker, sehingga total yang ada hanya 52 kartu saja. Nantinya, kartu tersebut akan dibagikan kepada 4 orang pemain, yang dimana 2 diantaranya akan menjadi saingan di antara ke 2 orangnya lagi.

Istilah Yang Ada Pada Permainanya

Sebelum kalian masuk lebih jauh, kalian juga perlu mengetahui yang namanya Istilah dalam permainan kartu yang nantinya akan kalian mainkan ini.

• SUIT (Warna )

Dasarnya kartu remi itu sendiri memiliki 4 simbol kartu yang memiliki 2 warna berbeda. Berikut ini adalah susunan kartu dengan nilai tertinggi hingga terendah.

  • Simbol seperti pohon dinamakan Spade/Sekop.
  • Simbol seperti love dinamakan Heart/Hati.
  • Simbol seperti berlian dinamakan Diamond/Wajik.
  • Simbol seperti pohon beringin dinamakan Clover / Keriting.

• High Card Point / HCP

Masing-masing kartu nantinya akan memiliki nilai masing-masing berbeda, maka dalam hal ini poin pada kartu yang terdapat hanya A,K,Q,DAN J.
Dimana : A= poin4, K= poin 3, Q= poin 2, J= poin 1, 10-2= poin 0.

• Contract/Kontrak

Dalam permainan kartu Bridge ini, Contract atau kontrak adalah salah satu ciri khusus yang dimilikinya. Dimana kontrak ini merupakan jenis serta tingkatan permainan yang di putuskan oleh Declarer untuk daimainkan dalam satu kali deal.

• Role Atau Juga Peran

Dalam hal ini, peran akan sangat di pengaruhi oleh kontrak yang memang sudah disepakati. Masing-masing dari role ini, memiliki wewenang yang berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah role yang ada pada kartu Bridge.

  • Declarer : dimana nantinya seseorang akan menentukan yang namanya kontrak pada permainan ini serta bisa menentukan kartu yang nantinya akan di gunakan oleh si Dummy. Tugasnya sendiri adalah memenuhi yang namanya kontrak yang meamng sudah di tentukan dengan trik yang pas/lebih juga. Jika dalam hal ini Declarer berhasil, maka Dummy akan mendapatkan poin.
  • Dummy : dimana ia adalah pemain yang menjadi teman dari si Declarer. Sesuai dengan namanya, bahwa pad permainan ini, dummy tidak dapat memainkan kartu sesuai dengan apa yang diinginkannya. Bagaikan Boneka, Dummy harus mengikuti segala perintah dari sang Declarer.
  • Defender : dimana ini adalah lawan dari keduanya. Tugasnya sendiri adalah untuk mengagalkan kontrak yang meamng telah di sepakati diantara tim tersebut. jika Defender bisa mengagalkan kesepakatan tersebut, maka Defender akan mendapatkan poin nantinya.

• Trick

Dalam hal ini, jika memang semua pemain telah mengeluarkan atau juga memainkan kartu dalam satu kali putaran, maka hal ini dinamai dengan Trick. Maksimal Trick yang dimainkan dalam satu pertandingan ini adalah 13. Pemain yang memang memiliki nilai kartu tertinggi, bisa dikatakan dialah yang mendapatkan putaran Trick tersebut. untuk pemenang serta partnernya nanti akan meletakkan kart secara tegak atau juga vertikal (lurus). Untuk yang kalah akan meletakan dalam bentuk horizontal atau mendatar pada kartunya.

Hal ini dimuat agar nantinya, mudah untuk melakukan perhitungan hasil permainan di akhir pertandingan kartu Bridge ini.